mebel jepara

Project meja altar Paroki Maria Annunciata Lodalem di Malang

project mimbar gereja malang

Lacoone mebel mengucapkan terima kasih kepada Bpk. Freddy yang telah mempercayakan project mimbar gereja perjamuan suci kepada kami. Mimbar gereja ini spesial karena yang mengukir adalah teman baik kami yang kebetulan adalah seniman ukir yang berprestasi dan sudah di akui di Asia tenggara.

Beliau pernah mengikuti kontes mengukir di China dan mendapatkan juara 2. Tentunya dengan nama beliau yang sudah terkenal akan sangat sulit untuk dimintai tolong untuk membantu project ukiran saya, rata-rata costumernya sudah orang luar negeri dan sangat rapat pekerjaannya.

Namun Alhamdulillah beliau adalah teman baik saya dan beliau bersedia membantu project saya. Sebetulnya masih sangat banyak pengukir yang bagus, tapi mengingat permintaan Bpk. Freddy adalah spesial order jadi saya harus memberikan yang terbaik.

Berikut proses pengerjaan mimbar gereja perjamuan suci secara singkat.

 

Proses ukiran dasar relief perjamuan suci untuk meja altar

proses ukiran dasar perjamuan suci dan angel

proses pengukiran dasar perjamuan suci dan angel

Dalam istilah orang jepara ada beberapa tahap dalam proses mengukir, Pertama adalah tahap bukaki atau biasa disebut sket ukiran / dasar ukiran. Tahap ini terbilang krusial, hanya pengukir berpengalaman/senior yang bisa mengeksekusi tahapan bukaki dengan baik. Apabila terjadi kesalahan pada tahapan dasar maka hasil akhirnya tidak akan terlihat bagus. Sebagai contoh mengukir perjamuan suci, banyak anatomi tubuh dalam ukiran ini salah sedikit saja maka tidak akan terlihat proposional yang bagus dan pas. Misalkan tangan terlalu panjang sebelah atau kependekan ini akan sangat terlihat pada ukiran.

 

Proses detailing ukiran perjamuan suci dan angel

Proses pendetailan ukiran perjamuan suci

Detailing ukiran perjamuan suci dan angel

Next step setelah proses bukaki/ ukiran dasar adalah detailing, tahapan ini tidak kalah penting dari proses yang pertama. Apabila proporsi sudah pas namun tidak bisa mengeksekusinya dengan baik tentunya ukiran tidak akan terlihat hidup dan terkesen mati.

 

Hasil akhir ukiran angel atau malaikat berdoa

Ukiran angel

Ukiran angel

Anda bisa lihat sendiri kwalitas ukiran yang kami tawarkan, detail bulu sayap, lekukan baju hingga mimik wajah dapat terlihat hidup.

 

Hasil akhir ukiran perjamuan suci diatas kayu jati utuh tanpa sambungan

Hasil akhir ukiran perjamuan suci

Hasil akhir ukiran perjamuan suci

Jujur saja setelah bekerja keras kami puas dengan hasil akhirnya, karena ukiran perjamuan suci terlihat hidup. Proses pembuatan meja altar ini sudah dibentuk menjadi meja terlebih dahulu dilanjut dengan memisahkan komponen meja altar satu persatu untuk diukir. Setelah ukiran jadi baru dirakit kembali dan ditambahkan lis untuk pemanis meja. Model daun meja knock down dapat dibuka pasang sesuai permintaan Bpk. freddy.

 

Pengiriman meja altar ke malang langsung diantarkan oleh saya dan team lacoone mebel
meja altar perjamuan suci sudah di Malang

meja altar perjamuan suci sudah di Malang

Meja altar yang spesial ini sangat sayang kalau dicampur dengan barang lain dan dikirimkan lewat ekpedisi truck jadi saya memutuskan untuk mengantarkannya sendiri ke lokasi. Dari kayu jati ini adalah kelas kayu jati A plus atau kayu jati hara yang tingkatannya lebih tinggi dari kayu jati perhutani. Ciri-ciri kayu jati hara adalah tidak terpata mata pada bagian kayunya sangat bersih dan berurat natural.
Finishingnya warna natural dengan top coating melamine daimaru yang merupakan bahan termahal dari coating kayu. lapisannya transparan serta keras dan ada self healing jadi bila tergoreng bisa dipanaskan dengan sinar mahatahari atau uv bisa kembali normal seperti semula.

 

 Tampilan meja altar Paroki Maria Annunciata Lodalem di Malang, Jawa timur
perjamuan suci ukiran jepara by lacoone mebel (6)

meja altar Paroki Maria Annunciata Lodalem di Malang, Jawa timur

Tampilan meja altar setelah disetel di tempatnya, jujur pertama kali sampai di lokasi agak nerfous karena ini pertama kalinya saya dan team masuk gereja. Namun anggapan saya patah setelah sesampainya dilokasi disambut dengan baik oleh Romo dan jemaat, bahkan untuk menurunkan meja altar dari pick up saja tidak boleh. Kami hanya membuka terpalnya dan disuruh untuk beristirahat di tempat rumah gazebo kayu. Di gazebo ternyata sudah disiapkan makanan dan perlengkapan mandi untuk kami. Sedangkan jemaat gereja menurunkan meja altar yang paling tidak diangkat oleh 6 orang itu. Saya sangat berterima kasih kepada Romo dan jemaat atas sambutannya dan juga tidak lupa kepada Bpk. Freddy selaku costumer lacoone mebel, Terima kasih atas semuanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.